Cara Mengatasi Rambut Rusak akibat Rebonding

cara merawat rambut rusak akibat rebonding

Rebonding bisa menjadi cara yang mudah untuk memiliki rambut yang cantik, lurus dan indah. Namun sayangnya penggunaan bahan kimia yang digunakan untuk meluruskan rambut memiliki efek samping yang tidak menyenangkan bagi rambut. Rebonding yang dilakukan terus menerus ternyata hanya akan merusak kesehatan alami rambut. Bagaikan pemandangan yang tidak menyenangkan, rambut yang terlihat mengkilap, lurus dan sangat indah tiba-tiba berubah menjadi rambut yang kering bercabang, rontok dan dan tampak rusak.

cara merawat rambut rusak akibat rebonding

Jika sudah demikian, maka kita hanya tinggal menyesalinya. Tidak jarang orang yang telah meluruskan rambutnya justru menginginkan rambut lamanya kembali. Sebab kerusakan rambut akibat rebonding tidak bisa dikembalikan dalam waktu yang singkat. Cara merawat rambut rusak akibat rebonding membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain itu dibutuhkan ketelatenan dan perhatian ekstra agar rambut yang rusak akibat rebonding dapat kembali normal.

Namun jangan khawatir, kami akan memberikan tips merawat rambut rusak akibat rebonding. Cara ini cukup mudah dan sederhana dan dapat dilakukan di rumah.

  • Hindari penggunaan hair dryer

Meskipun alat tersebut berfungsi untuk mengeringkan rambut, namun kenyataanya penggunaan alat tersebut menimbulkan efek samping. Alat pengering rambut dapat merusak jaringan rambut dan kulit kepala. Tentunya ini akan berdampak buruk untuk rambut, bahkan untuk rambut normal yang tidak direbonding sekalipun. Penggunaan alat pengering rambut mengeluarkan suhu yang cukup panas, panas yang berlebihan akan menjadikan rambut rusak dan rapuh. Namun jika Anda terpaksa menggunakannya, aturlah dengan suhu serendah mungkin agar lebih aman. Jika rambut Anda telah mengalami kerusakan akibat rebonding, lebih baik untuk mengeringkannya dengan cara alami saja, misalnya dengan menganginkan di tempat teduh.

  • Gunakan sisir bergigi jarang

Menyisir rambut dengan sisir bergigi rapat akan meningkatkan rusaknya rambut semakin parah. Bahkan untuk rambut normal sekalipun yang tidak rebonding. Rambut akan rawan patah dan pecah akibat penggunaan sisir bergigi rapat. Jadi, gunakan saja sisir bergigi jarang untuk rambut Anda, terlebih jika mengalami kerusakan akibat rebonding. Sisrlah rambut dengan pelan dan pola yang benar untuk meminimalisar terjadinya rambut rusak.

  • Gunakan gel lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk rambut begitu banyak. Mulai dari merawat rambut kering, mengatasi masalah kerusakan rambut hingga menjadikan rambut lebih berkilau. Jadi, penggunaan lidah buaya bisa menjadi cara merawat rambut rusak akibat rebonding yang efektif. Cara penggunaannya yaitu dengan mengambil gel lidah buaya. Kemudian gunakan pada rambut dan kulit kepala. Biarkan agar nutrisi yang terdapat pada lidah buaya meresap pada rambut dan kulit kepala. Kemudian, bilas menggunakan shampo sampai benar-benar bersih.

  • Potong rambut tiga bulan sekali

Mencukur rambut setiap tiga bulan sekali sangat disarankan, terlebih jika rambut mengalami kerusakan akibat rebonding. Memotong rambut secara rutin bertujuan untuk membuang ujung rambut yang rusak dan bercabang.

Memiliki rambut yang indah dan sehat merupakan hal yang jadi dambaan tiap orang. semoga cara merawat rambut rusak akibat rebonding seperti yang telah di uraikan di atas dapat bermanfaat.