Bagi seseorang yang memiliki rambut keriting, banyak yang menginginkan perubahan rambutnya menjadi lurus, khususnya para wanita. Rambut yang lurus memang terlihat rapi. Cara meluruskan rambut yang cepat adalah dengan rebonding. Namun, pelurusan rambut dengan cara ini mempunyai dampak bahwa rambut mudah kering dan mudah patah karena sentuhan panas secara langsung antara alat rebonding dengan rambut. Oleh sebab itu, perawatan rambut setelah rebonding harus dilakukan dengan ekstra, berbeda dengan pada perawatan rambut-rambut normal. Pada artikel ini akan dibocorkan mengenai cara merawat rambut keriting setelah rebonding agar rambut tetap sehat dan kuat.

Perawatan Rambut Keriting yang di Rebonding

cara merawat rambut keriting setelah rebonding

  • Menggunakan shampo Khusus dan conditioner khusus rambut rebonding

Pakailah shampo khusus untuk rambut yang di rebonding. Ini karena rambut yang telah di rebonding membutuhkan nutrisi yang ekstra daripada rambut biasa. Rambut yang direbonding telah mengalami pemanasan dengan suhu yang tinggi sehingga sangat mudah menjadi kering. Oleh sebab itu, pemakaian shampo khusus dapat menjadi cara merawat rambut keriting agar tidak kering. Pada dasarnya, rambut memang dapat melembabkan diri secara alami. Namun, berbeda kondisinya jika rambut Anda telah mengalami pemanasan karena proses rebonding. Maka gunakanlah conditioner khusus untuk rambut yang pernah direbonding, sama seperti halnya shampo. Ini juga dapat mengurangi agar rambut tidak mudah rontok dan mudah diatur.

  • Menggunakan vitamin rambut

Cara merawat rambut keriting setelah rebonding yang tidak boleh ketinggalan adalah dengan mengaplikasikan vitamin rambut setelah selesai keramas. Ketika rambut setengah kering, oleskan vitamin rambut secara merata pada rambut dan kulit kepala. Vitamin juga akan menambah nutrisi pada rambut. Vitamin rambut ini ada bermacam-macam jenis, salah satunya untuk rambut yang telah mengalami proses pemanasan karena rebonding. Anda dapat membeli vitamin rambut pada salon-salon, apotik, dan pusat perawatan rambut terdekat di daerah Anda.

  • Menggunakan masker telur

Setiap 2 kali dalam sebulan, lakukanlah masker untuk rambut Anda. Gunakan masker yang berbahan dasar kuning telur atau lidah buaya. Akan lebih baik apabila Anda membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang alami. Cara membuat masker kuning telur yaitu menggunakan kuning telur ayam yang dicampur dengan madu. Lalu digunakan untuk mengoleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama 15 menit, baru kemudian dibilas dengan air. Sedangkan untuk membuat masker lidah buaya, cukup gunakan daging atau gelnya saja dengan cara digosok-gosokkan pada kulit kepala. Diamkan sampai meresap dan kering, lalu bilas dengan air sampai bersih. Lidah buaya dapat melembutkan rambut sekaligus mencegah dan mengurangi rambut dari kerontokan, terlebih lagi sebagai cara merawat rambut keriting secara alami setelah mengalami proses rebonding.

  • Menggunakan minyak kelapa

Caranya, hangatkan minyak kelapa secukupnya. Kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan sampai meresap sekitar 20-30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Minyak kelapa dapat membuat rambut keriting Anda yang telah diluruskan dapat lebih awet lurusnya dan agar rambut mudah diatur. Lakukan cara ini cukup 1-2 kali dalam sebulan.

Itulah beberapa cara perawatan untuk rambut yang telah direbonding. Perlu Anda ingat juga untuk selalu menyisir rambut setelah mandi, sebelum beraktivitas, bahkan setelah beraktivitas. Bagi Anda yang berjilbab, juga harus selalu menyisir rambut dengan teratur. Bahkan sebelum tidur Anda disarankan menyisir rambut. Ini agar ketika tidur rambut tidak mudah kusut. Semoga beberapa tips atau cara merawat rambut keriting setelah rebonding ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.