Cara Perawatan Rambut Bercabang Tanpa ke Salon

perawatan rambut bercabang

Masalah yang sering dihadapi oleh perempuan adalah rambut bercabang. Rambut yang bercabang ini juga sering kali dibarengi dengan rambu yang kering. Untuk merawat rambut yang bercabang tentunya sangat berbeda dengan perawatan rambut pada umumnya. Memerlukan perawatan yang khusus agar rambut bercabang bisa hilang. Perawatan rambut bercabang ini sebenarnya sangat mudah, Anda tidak perlu untuk datang ke salon dan mengeluarkan uang banyak. Cukup di rumah saja Anda sudah bisa mengatasi rambut kering dan bercabang milik Anda.

6 Langkah Perawatan Rambut Bercabang

perawatan rambut bercabang

Ketika rambut Anda sudah mulai bercabang dan kering sebaiknya Anda melakukan perawatan yang tepat. Berikut langkah-langkah cara mengatasi rambut bercabang dan kering.

  1. Potong rambut yang bercabang

Ujung rambut yang sudah bercabang harus segera dipotong. Tidak perlu memotong rambut secara keseluruhan cukup ujung rambut yang bercabang saja. Pemotongan ujung rambut ini sebagai tindakan pencegahan agar rambut bercabang tidak semakin parah. Untuk memotong rambut bercabang ini tidak perlu ke salon, Anda cukup gunting sendiri dengan gunting potong yang Anda miliki.

  1. Gunakan shampoo dan conditioner yang cocok

Rambut yang bercabang seringkali terjadi karena Anda salah dalam menggunakan shampoo dan conditioner. Gunakanlah shampoo dan conditioner yang satu produk dan cocok dengan rambut Anda. Jika shampoo yang digunakan menambah kering rambut, sebaiknya segera ganti shampoo Anda. Tapi ingat, jangan sering bergonta-ganti shampoo karena bisa membuat rambut semakin rusak dan bercabang.

  1. Sisir sebelum keramas

Perawatan rambut bercabang yang selanjutnya yaitu dengan menyisir rambut sebelum keramas. Hal ini akan membuat rambut menjadi mudah diatur ketika keramas dan membuat shampoo merata pada seluruh rambut. Selain itu minyak pada rambut juga bisa menyebar secara merata pada rambut Anda.

  1. Jangan keringkan rambut dengan handuk kasar

Kesalahan yang sering dilakukan para wanita adalah mengeringkan rambut dengan handuk yang kasar agar cepat kering. Pengeringan cara ini justru membuat rambut yang sudah dikeramas menjadi kusut dan mudah untuk rusak dan bercabang. Biasakan untuk mengeringkan rambut dengan handuk yang halus.

  1. Gunakan air bersih ketika keramas

Ini merupakan hal yang paling penting. Dalam mencuci rambut selalu gunakan air yang bersih. Air yang sudah tercemar jika digunakan untuk keramas justru membuat rambut menjadi semakin kotor dan bisa merusak rambut. Oleh karena itu, selalu gunakan air yang bersih untuk mencuci rambut Anda.

  1. Rawat dengan bahan-bahan alami

Cara menghilangkan cabang rambut yang terakhir yaitu dengan melakukan perawatan alami. Minimal gunakan masker rambut alami satu minggu sekali agar rambut bercabang kembali sehat. Masker rambut yang bisa digunakan misalnya saja mayones, alpukat, minyak zaitun, minyak kelapa, dan juga cuka apel. Anda bisa memilih salah satu bahan alami ini untuk merawat rambut bercabang Anda.

Sebenarnya rambut yang bercabang bisa dicegah dengan perawatan yang benar dan tepat. Hindari untuk mewarnai rambut terlalu sering karena obat kimia pewarna rambut bisa merusak rambut dan membuat rambut menjadi kering serta bercabang. Selain itu, hindari pula menggunakan hairdryer yang berlebihan ketika mengeringkan rambut. Penggunaan pengering listrik ini memang cepat dalam mengeringkan tapi rambut akan lebih kering. Menyisir rambut sehari sekali juga sangat diperlukan. Dengan menyisir minyak rambut akan terbawa merata ke seluruh bagian rambut sehingga rambut tidak akan bercabang. Perlu diingat perawatan rambut bercabang ini harus dilakukan rutin sampai rambut benar-benar sehat kembali.