mengatasi rambut beruban

Ikuti Cara Mengatasi Rambut Beruban berikut ini

Ketika usia sudah tidak muda lagi, saat itulah banyak hormon yang menyusut dan mengakibatkan regenerasi sel melambat. Proses penuaan pada pria umumnya terjadi pada awal umur 40an sedangkan pada wanita bisa lebih cepat yaitu sekitar umur 30an. Saat itu pula kondisi kesehatan mulai menurun dan terjadi perubahan fisik termasuk tumbuhnya uban di rambut.

mengatasi rambut beruban

Ternyata, masalah rambut beruban tidak hanya terjadi pada orang yang sudah tua. Masalah ini juga bisa terjadi pada remaja bahkan anak-anak. Ada beberapa cara untuk mengatasi rambut beruban agar dapat kembali menghitam. Tapi karena informasi yang kadang tidak tepat jadi banyak orang yang salah justru melakukan cara-cara yang tidak benar untuk mengatasi rambut beruban.

Mencabut uban misalnya, hal tersebut benar-benar harus dihindari. Sebab di kulit kepala ada begitu banyak syaraf yang terhubung dengan tubuh. Mencabut rambut dengan sengaja apalagi dalam jumlah banyak tentu akan berdampak buruk pada syaraf tersebut. Begitu juga dengan penggunaan cat rambut atau semir untuk menghitamkan rambut beruban. Karena rambut bersifat unik, artinya setiap merk tertentu akan menimbulkan reaksi yang berbeda dengan merek lain pada tiap-tiap orang. Jadi jika Anda ingin menggunakan cat rambut untuk menghitamkan uban, konsultasikan terlebih dulu pada ahli perawatan rambut atau dokter kulit.

Inilah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut beruban:

Berhenti merokok

Rokok adalah produk sumber penyakit yang dibungkus dalam kemasan menarik, ini dapat menjadi salah satu penyebab rambut beruban. Racun yang ada pada sebatang rokok akan mengakibatkan rusaknya seluruh sistem tubuh. Termasuk merusak kesehatan rambut dan mengakibatkan penuaan dini. Jadi sebisa mungkin berhentilah merokok mulai dari sekarang. Kulit keriput dan rambut beruban akan tampak lebih cepat jika Anda masih menghisap rokok.

Konsumsi makanan dengan kandungan tembaga

Penting untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan tembaga guna menjaga rambut tetap hitam dan sehat. Biji bunga matahari, kepiting dan kerang memiliki kandungan tembaga yang dibutuhkan untuk menghasilkan melanin. Kurangnya tembaga dalam tubuh akan berakibat pada menurunnya produksi melanin sehingga memunculkan uban pada rambut Anda.

Makan makanan yang kaya protein

Protein juga penting untuk menjaga rambut agar tidak muncul uban lebih dini. Gandum, kacang, daging, ikan dan ayam merupakan kaya protein yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain itu protein juga merupakan makanan yang penting buat rambut. Konsumsi makanan dengan kandungan proteinyang cukup akan menjadikan rambut lebih hitam, kuat dan bercahaya. Ini karena protein dapat mengembalikan pigmen dan menyingkirkan uban.

Perbanyak makanan zat besi

Kurangnya zat besi pada tubuh juga mengakibatkan uban tumbuh pada usia muda. Zat besi juga berperan dalam memproduksi melanin yang merupakan zat pewarna rambut. Makanan laut dan sayuran seperti bayam serta brokoli memiliki kandungan zat besi yang sempurna. Perbanyaklah mengonsumsi makanan tersebut agar rambut tetap terjaga dan tetap hitam berkilau.

Kurangi penggunaan bahan kimia

Menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan kimia berlebih juga turut memicu timbulnya uban di kepala. Begitu juga dengan konsumsi makanan yang banyak mengandung bahan kimia. Bahan kimia dapat merusak kesehatan rambut sehingga menyebabkan uban.

Solusi mengatasi rambut beruban tersebut sebaiknya Anda lakukan. Dengan rambut yang hitam dan sehat, Anda akan tampak awet muda.