Ini dia Penyebab Rambut Rontok yang umum terjadi

Pusing dengan penyebab rambut rontok? Masalah rambut rontok bisa terjadi pada siapa saja. Bukan hanya pada orang dewasa, rambut rontok juga dapat terjadi pada anak-anak maupun remaja. Sebenarnya masalah rambut rontok ini merupakan hal yang wajar terjadi, namun jika kerontokan yang terjadi sudah berlebihan, maka patut mendapat perhatian serius. Sebab kerontokan rambut terus menerus dalam jumlah banyak akan membuat kebotakan permanen.

Pada dasarnya penyebab kerontokan rambut itu bisa disebabkan karena faktor eksternal maupun faktor internal. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami masalah rambut rontok dan ingin segera mengatasinya, simak terus ulasan berikut.

Penyebab kerontokan rambut yang umum terjadi:

Penyebab Rambut Rontok

Keturunan

Tentu Anda tidak bisa menyalahkan orang tua Anda jika kerontokan rambut yang terjadi akibat keturunan. Namun faktanya, faktor keturunan menjadi penyumbang penyebab rambut rontok yang lumayan besar. Jika ni terjadi pada Anda, tentu akan sulit diatasi, biasanya hal ini akan diketahui dengan memeriksakan ke ahli sekaligus untuk mencari solusi yang terbaik untuk perawatan rambut rontok anda.

Stres

Stres merupakan penyebab rambut rontok yang terjadi pada banyak orang. Perubahan hormon ketika seseorang merasa stres menyebabkan kerontokan ramut semakin parah. Stres mengakibatkan rambut rontok lebih banyak daripada biasanya.

Diet

Ternyata diet juga bisa mengakibatkan rambut rontok. Namun diet yang menyebabkan rambut rontok ini adalah diet ekstrim sehingga tubuh kekurangan nutrisi tertentu yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Pikirkan lagi jika Anda ingin melakoni diet ekstrim. Sebab selain berdampak pada tubuh dan kesehatan, diet yang terlalu berlebihan juga berakibat pada penampilan, yaitu rambut. Jika Anda menjalani diet, lakukan diet sehat sehingga tubuh tetap mendapat asupan nutrisi dan vitamin yang diperlukan.

Gaya rambut

Gaya rambut yang salah juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Jika ingin merubah gaya rambut agar berbeda dari biasanya, pastikan kesehatan rambut dan folikel tetap terjaga. Beberapa gaya rambut dapat membuat rambut rapuh dan lebih rentan patah. Gaya rambut yang salah juga dapat memaksa rambut ditarik hingga akarnya. Akibatnya kerontokan rambut tidak dapat dihindari. Gaya rambut seperti ini misalnya mengikat rambut dengan gaya ekor kuda dan dengan ikatan yang terlalu kuat.

Bahan kimia

Bahan kimia yang terdapat pada produk kecantikan dan perawatan rambut justru dapat memicu rambut rontok. Jika Anda melakukan perawatan rambut baik di salon maupun di rumah, pastikan menggunakan bahan yang lebih aman dengan kandungan bahan kimia yang tidak terlalu berbahaya. Bahan kimia yang berlebihan akan membuat rambut lebih mudah rontok, rapuh dan mengganggu pertumbuhan folikel.

Hormon

Ketidakseimbangan hormon dapat memicu kerontokan rambut. Biasanya hal ini kerap terjadi pada wanita hamil dan setelah melahirkan. Wanita yang baru saja melahirkan akan mengalami kerontokan rambut yang sangat parah. Namun biasanya keadaan ini akan kembali normal setelah keadaan hormon dalam tubuh kembali seimbang.

Dari penyebab rambut rontok di atas, mana yang terjadi pada Anda? Hindari penyebabnya agar kerontokan rambut dapat dicegah. Dengan rambut yang sehat, Anda akan tampil lebih percaya diri.