jenis kutu rambut

Kenali Jenis Kutu Rambut dan Cara Menghilangkannya

Kutu rambut atau orang Jawa biasa menyebutnya tumo merupakan salah satu jenis kutu yang sangat suka hidup di rambut kepala yang lembab dan kotor. Jenis kutu rambut yang hidup di kepala termasuk salah satu jenis kutu parasit yang suka menghisap darah manusia. Kutu atau tumo ini biasanya bisa hidup lama dan berkembangbiak dalam waktu yang singkat. Kutu betina yang hidup di kulit kepala bisa langsung bertelur dan menghasilkan telur yang banyak dalam satu waktu. Dan sekali bertelur kutu betina bisa menghasilkan enam kutu sekaligus yang menetas setelah delapan hari pasca telur. Bisa Anda bayangkan jika ada kutu di rambut Anda dan dibiarkan saja maka dalam waktu dua minggu bisa langsung menjadi banyak.

Asal-Usul Jenis Kutu Rambut

jenis kutu rambut

Anda perlu mengetahui dari mana kutu tersebut berasal agar bisa menghindari datangnya kutu rambut tersebut. Kutu rambut berasal dari telur kutu yang menetas pada rambut. Persebaran kutu pada rambut seseorang juga dipengaruhi oleh kebersihan diri dan juga lingkungan sekitar. Orang yang jarang membersihkan dirinya akan mudah dihinggapi oleh kutu rambut dan kutu akan langsung melakukan perkembangbiakan. Untuk Anda yang selalu menjaga kebersihan bisa saja tertular kutu dari salah satu kerabat atau teman yang mempunyai kutu. Semua orang bisa terkena kutu rambut sekalipun sudah menjaga kebersihan diri jika tertular dari orang lain.

Penularan kutu rambut dari orang lain bisa terjadi jika seseorang itu sering bergaul dengan orang yang mempunyai kutu rambut. Misalnya saja tinggal dengan satu rumah yang mempunyai kutu rambut maka tidak selang beberapa lama Anda bisa tertular kutu rambut. Jika Anda sudah tertular kutu rambut satu rumah atau satu keluarga Anda bisa tertular dengan kutu rambut tanpa kecuali. Oleh sebab itu, jika sudah merasakan tanda-tanda adanya kutu pada rambut harus dibasmi dengan tuntas agar kutu tidak menyebar kemana-mana.

Tanda-Tanda Ada Berbagai Jenis Kutu Rambut Di Rambut

Keberadaan jenis kutu rambut bersarang di kepala sebenarnya bisa diidentifikasi sejak awal. Ketika ada kutu di rambut Anda akan merasakan gejala gatal yang sangat menyiksa pada rambut dan kulit kepala. Hal ini disebabkan karena lendir dan juga gigitan kutu pada kulit kepala. Selain itu, kulit kepala Anda akan muncul bintik-bintik merah karena gigitan kutu. Tidak hanya pada kulit kepala saja, di leher dan juga belakang telinga juga akan muncul merah-merah bekas gigitan kutu rambut. Terkadang di belakang telinga juga akan terlihat bengkak. Tanda yang paling mudah untuk dikenal i yaitu adanya telur kutu yang menempel pada rambut. Bentuk telur kutu ini memang hampir sama dengan ketombe tapi lebih putih dan juga bersinar ketika terkena cahaya. Selain itu, telur kutu akan lebih kuat menempel pada rambut.

Setelah Anda menyadari bahwa ada kutu di kepala Anda sebaiknya langsung lakukan pemusnahan kutu yang ada di rambut. Untuk memusnahkan kutu rambut ada banyak cara yang bisa dilakukan, bisa dengan menggunakan obat pembasmi kutu dan juga bahan-bahan alami atau bahan herbal. Sekarang ini sudah banyak tersedia obat pembasmi kutu di pasaran dengan berbagai merk. Anda bisa memilihnya salah satu untuk membasmi kutu yang ada di rambut. Obat kutu rambut alami lebih dianjurkan untuk Anda karena lebih aman dan juga bebas dari bahan kimia.

Dengan mengenali tanda-tanda adanya kutu rambut Anda bisa langsung membereskan masalah kutu rambut ini. Setelah berhasil dibasmi tentunya Anda harus mencegah agar jenis kutu rambut tidak menyerang rambut dan kulit kepala Anda lagi. Cara pencegahannya dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan dan juga kebersihan diri terutama kebersihan kamar dan tempat tidur. Selain itu hindari untuk menggunakan sisir, handuk, dan peralatan mandi dengan teman yang terindikasi mempunyai kutu karena Anda bisa tertular.