Obat Tradisional Mengatasi Rambut Beruban Secara Alami

Rambut yang hitam adalah ciri rambut sehat bagi masyarakat Indonesia. Namun, usia yang masih mudah terkadang tidak menjamin bahwa rambut seseorang selalu berwarna hitam. Ada berbagai penyebab mengapa rambut seseorang berwarna putih atau beruban sebelum waktunya. Namun, bagi Anda yang mengalaminya jangan cemas, karena Anda dapat membuat sendiri obat tradisional mengatasi rambut beruban. Adapun penyebab rambut seseorang yang masih muda namun beruban adalah faktor stres sehingga hormon ikut kacau, pengaruh obat tertentu, tidak cocok dengan air yang digunakan, ganti-ganti shampo dan tidak sesuai dengan jenis rambut, dan lain-lain.

Atasi Rambut Beruban dengan Bahan Alami

obat tradisional mengatasi rambut beruban

Untuk mengobati rambut beruban, ada beberapa cara yang dapat dilakukan dan menggunakan bahan-bahan alami yang berbeda-beda. Anda dapat memilihnya yang paling sesuai untuk Anda. Pertama, adalah menggunakan tanaman lidah buaya. Gunakan daging lidah buaya untuk keramas. Dalam mengambil dagingnya, Anda harus berhati-hati karena sepanjang tanaman tersebut terdapat duri. Setelah keramas dengan daging lidah buaya, bilaslah dengan air bersih seperti Anda keramas biasa. Kedua, menggunakan biji kemiri. Kemiri juga efektif untuk membuat rambut berkilau. Caranya, yaitu ambil 5-6 biji kemiri kemudian dibakar. Setelah itu, tumbuk sampai halus dengan menambahkan air sedikit. Tumbukkan kemiri tersebut digunakan untuk mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala. Diamkan 15 menit. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Ketiga, membuat obat tradisional mengatasi rambut beruban menggunakan daun bunga sepatu. Siapkan 10-12 helai daun bunga sepatu. Remas-remas sampai daun tersebut keluar lendir. Oleskan pada rambut dan kulit kepala sampai rata. Diamkan 15-20 menit agar olesan tersebut meresap. Lalu bilas dengan air sampai bersih. Keempat, dengan air teh. Jika Anda memiliki sisa air teh, maka jangan buru-buru dibuang. Simpan air teh basi tersebut sehari semalam. Aplikasikan air teh tersebut pada pagi hari merata ke seluruh rambut dan kulit kepala, terutama pada bagian rambut yang beruban.

Kelima, cara mengatasi rambut beruban dengan menggunakan buah alpukat. Caranya, hancurkan daging buahnya sampai lumat. Balurkan merata pada rambut, jangan lupa oleskan lebih banyak pada rambut yang beruban. Biarkan meresap sekitar 15-20 menit. Lalu bilas dengan air sampai bersih. Selain untuk rambut beruban, alpukat juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut yang rontok. Keenam, dengan biji pepaya. Sebagian besar orang membuang biji pepaya dengan percuma. Namun, mulai sekarang ketahuilah bahwa biji pepaya dapat mengatasi rambut yang beruban. Ambil minimal 30 biji pepaya lalu disangrai. Tumbuk sampai halus dengan menambahkan sedikit minyak kelapa. Gosok-gosokkan pada kulit kepala. Biarkan sampai ramuan ini meresap.

Itulah beberapa cara tradisional untuk atasi rambut beruban dengan bahan-bahan alami. Kemudian Anda juga harus mengimbanginya dengan cara-cara dari dalam tubuh. Diantaranya yaitu:

  • Tidak merokok
  • Istirahat cukup
  • Minum air putih minimal 8 gelas per hari
  • Perbanyak makan sayur dan buah
  • Cukupkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan Omega-3
  • Olahraga secara teratur
  • Kelola stres dengan relaksasi atau yoga

Demikianlah cara-cara atasi rambut yang beruban, baik dengan cara dari dalam maupun dari luar tubuh. Dan kesemuanya cara tersebut adalah alami tanpa menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Mulailah hidup teratur dengan istirahat cukup, perbaiki gaya hidup dan pola makan, serta mulai mengendalikan stres. Semoga cara-cara alami tersebut beserta penggunaan obat tradisional mengatasi rambut beruban dapat bermanfaat bagi Anda dan orang-orang sekitar Anda.