Uban memang umumnya tumbuh pada orang lanjut usia yang sudah berumur 50an ke atas. Namun uban juga sudah umum tumbuh pada orang usia muda, bahkan pada usia remaja maupun anak-anak. Jadi jangan terkejut jika menjumpai uban tumbuh di kepala Anda meskipun masih bisa dihitung dengan jari. Bahkan tidak mustahil jika uban yang ada di kepala Anda ini terus bertambah banyak seiring berjalannya waktu.

Penyebab rambut beruban bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Bisa berupa faktor dari dalam tubuh maupun faktor yang berasal dari luar tubuh. Jika Anda merasa uban tumbuh di kepala Anda, simak terus ulasan berikut.

penyebab rambut beruban

Untuk Anda yang belum beruban dan masih memiliki rambut hitam mengkilap, jagalah kesehatan rambut Anda agar tetap hitam dan terhindar dari uban pada usia muda. Oleh karena itu, mengetahui penyebab rambut beruban sangat penting bagi Anda.

Berikut adalah penyebab rambut memutih pada usia muda:

Stres

Stres dapat memicu uban tumbuh di kepala, jadi hati-hati dengan stress. Anda mungkin akan merasa sehat, tapi stres yang Anda alami dapat membuat tekanan pada tubuh tanpa disadari. Stres menyebabkan produksi melanin macet. Melanin merupakan pigmen alami pewarna rambut. Melanin dihasilkan oleh sel melanosit di dalam tubuh, rambut akan berubah warna jadi putih akibat melanosit dalam tubuh tidak memproduksi melanin dalam jumlah yang cukup. Namun jangan khawatir, macetnya produksi melanin akibat stres hanya sementara. Ketika faktor penyebab stres telah hilang dan masalah sudah terkendali maka produksi melanin akan kembali normal. Rambut akan tumbuh hitam lagi setelahnya. Jadi sangat penting untuk mengatur keseimbangan kerja dan istirahat guna menghindari tumbuhnya uban terlalu dini.

Gizi buruk

Faktor gizi buruk juga dapat mempercepat uban tumbuh di kepala. Kadang asupan makanan harian yang diserap tubuh tidak seimbang. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan gizi dan berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Bukan hanya itu, faktor gizi buruk juga akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pada anak yang mengalami gizi buruk biasanya rambut tumbuh tampak kemerahan dan kusut serta tampak kurang sehat.

Faktor genetik

Selain kedua faktor penyebab rambut beruban di atas, faktor genetik juga memicu uban tumbuh lebih cepat. Catatan tubuh tentang rambut tersimpan pada kromosom yang diwariskan dari orang tua ke anaknya. Jadi jika orang tua memiliki masalah rambut uban pada saat masih muda kemungkinan hal tersebut juga diturunkan pada anaknya.

Penyebab rambut beruban yang lain juga bisa dipicu oleh faktor penyakit. Selain itu, metabolisme tubuh yang mengalami gangguan juga akan mempercepat rambut beruban. Masalah pada ketahanan tubuh, gangguan fungsi ginjal dan kelainan hormon akan mempengaruhi kualitas rambut dan menyebabkan uban muncul di kepala.

Uban bukan hanya tumbuh pada orang lanjut usia, tapi juga dapat menyerang orang yang masih muda. Jadi penting untuk menjaga kesehatan rambut. Dengan mengetahui penyebab rambut beruban, Anda dapat mencegah dan menghindarinya agar rambut tetap sehat dan hitam berkilau.