Dari anak kecil hingga orang dewasa bisa saja terkena masalah kutu rambut. Kutu yang berbentuk kecil memeiliki warna cokelat atau abu-abu akan tinggal di rambut atau kulit kepala dan mengganggu sehingga membuat kulit kepala terasa gatal. Akibatnya orang yang terkena kutu akan sering menggaruk kepala sehingga menyebabkan infeksi. Infeksi kulit kepala akibat menggaruk bisa saja memicu masalah lain, misalnya ketombe akibat luka yang mengering di kulit kepala.

Kutu rambut hidup dengan menghisap darah di kulit kepala dan menyebabkan gatal-gatal. Dan parahnya, kutu rambut dapat menyebar dengan mudah melalui kontak langsung dengan orang yang berkutu. Oleh karena itu jika Anda terkena kutu rambut, harus segera dihilangkan sebelum berkembang semakin banyak dan menyebar ke banyak orang.

 

Penyebab kutu rambutperawatan rambut berkutu

  • Kurang merawat diri

Kutu rambut tidak menyukai zat yang ada pada produk perawatan rambut seperti shampoo maupun minyak rambut. Kita harus rajin merawat kebersihan tubuh juga rambut dari adanya polusi, keringat dan debu dari udara yang berterbangan. Biasakan untuk merawat rambut dengan keramas secara rutin. Bilas dengan bersih sisa shampoo ketika keramas agar tidak mengendap pada kulit kepala. Kotoran yang ada pada kulit kepala akan mengundang kutu dan menyebabkannya mudah bersemayam.

  • Tidak menjaga kebersihan

Kebersihan di sekitar kita juga perlu diperhatikan untuk menghindari adanya kutu yang bersarang. Bantal, kasur dan karpet yang kotor akan mengundang kutu mudah bersarang, akibatnya ia akan mudah menghinggapi rambut Anda.

  • Salah pilih shampoo

Salah pilih shampo rambut juga bisa berefek pada tumbuhnya ketombe. Jika ketombe semakin menumpuk dan tidak dibersihkan, maka akan menjadi sarang baru untuk si kutu rambut. Karenanya perhatikan dalam memilih jenis shampoo untuk rambut Anda.

  • Menggunakan penutup kepala terlalu lama

Menggunakan penutup kepala seperti topi atau kerudung teralu lama juga bisa menjadi pemicu kutu di rambut. Apalagi jika penutup kepala tersebut jarang dicuci atau malah dipakai bersama orang lain yang terkena kutu. Ini akan memudahkan penularan kutu pada Anda.

Perawatan rambut berkutu

Menggunakan bawang putih

Bawang putih merupakan rempah yang mampu membuat makanan lezat dan bermanfaat untuk mengusir kutu rambut. Buatlah pasta bawang putih dengan menghaluskannya hingga lembut. Oleskan pasta bawang putih pada rambut dan kemudian biarkan hingga mengering. Setelah kering sisir rambut Anda dengan sisir bergigi rapat. Kutu akan keluar terbawa sisir karena sudah mabok dengan aroma bawang putih.

Menggunakan minyak kelapa

Perawatan rambut berkutu juga bisa dilakukan dengan minyak kelapa. Cara ini merupakan cara lama yang sudah diterapkan sejak jaman nenek moyang kita. Lapisi rambut dengan minyak kelapa dan kemudian ikat rambut Anda. Kutu akan terperangkap sehingga menjadikannya mudah untuk ditangkap.

Minyak esensial

Beberapa jenis minyak esensial seperti tea tree, minyak jojoba, dan minyak rosemary juga dapat berperan memberantas kutu di rambut. Caranya, gunakan minyak tersebut pada rambut, kemudian tutup kepala menggunakan shower cap dan biarkan hingga semalaman. Pada pagi harinya ketika Anda bangun, langsung sisir rambut dan Anda akan mendapati kutu sudah tidak berdaya.

Perawatan rambut berkutu menggunakan bahan tersebut cukup mudah. Tidak perlu repot dan kutu pun dapat hilang sehingga kepala Anda tidak lagi terasa gatal.