Rambut adalah sebuah anugerah dari Tuhan yang tak ternilai harganya. Dapat Anda bayangkan jika kepala Anda tak memiliki rambut (kecuali jika sengaja dicukur botak). Anda pasti menginginkan yang terbaik untuk rambut Anda bukan? Namun, jika beberapa masalah rambut mulai menyerang Anda, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana langkah yang tepat untuk mengatasinya? Salah satu cara tradisional yang dipercaya ampuh mengatasi rambut kering yakni dengan menggunakan telur. Telur mengandung banyak manfaat, dalam hal ini mengobati kekeringan pada rambut. Berikut ini ulasan seputar perawatan rambut kering dengan telur.

perawatan rambut kering dengan telur

Sebelum membahas mengenai perawatan rambut dengan telur, sebaiknya Anda terlebih dahulu tahu tentang sabab musababnya terbentuknya rambut kering. Jika Anda adalah seseorang yang gemar menggunakan alat pemanas dan pencatok rambut, maka resiko Anda terkena kekeringan rambut menjadi lebih besar. Selain itu, sinar matahari juga sangat berpengaruh terhadap kelembaban rambut Anda. Gunakanlah penutup kepala saat Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan dengan paparan sinar matahari yang cukup besar. Perawatan rambut kering dan kusut sama mudahnya dengan perawatan rambut sehari-hari, hanya saja Anda harus lebih rutin dalam merawat rambut Anda. Berikut ini beberapa manfaat dan langkah mengatasi rambut kering dengan menggunakan telur.

Khasiat dan Manfaat Telur Bagi Rambut Anda

Perawatan rambut kering dengan telur dapat tercetus karena khasiat yang terkandung dalam telur sangat menakjubkan untuk rambut. Telur mengandung protein yang berfungsi menguatkan rambut. Telur juga mampu menguatkan rambut rusak akibat penggunaan bahan kimia dan paparan sinar matahari. Telur yang merupakan vitamin (obat) rambut yang tergolong tradisional tentunya sangat mudah untuk didapatkan dengan harga terjangkau. Dibandingkan dengan Anda yang harus membeli conditioner, telur sebagai conditioner alami sudah cukup mengatasi masalah kekeringan rambut Anda. Hasilnya juga tak jauh berbeda, rambut Anda akan lembab secara alami dengan tekstur yang lebih lebat dan sehat. Jika Anda senang akan perawatan rambut secara tradisional, ikutilah langkah penggunaan telur sebagai conditioner ini daripada perawatan rambut kering di salon. Anda dapat melakukan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Tuanglah telur ke dalam sebuah mangkuk. Anda disarankan untuk memasukkan bagian kuning dan putih telur. Kemudian, kocoklah telur menggunakan garpu sehingga telur mengembang.
  2. Langkah berikutnya, tambahkanlah 1 sdm yogurt yang tak ada rasanya (sebanyak 1 sdm juga). Tambahkan juga madu ke dalamnya. Campur dan aduk-aduk hingga merata.
  3. Selanjutnya, tuanglah campuran tadi ke rambut Anda yang masih basah serta bersih. Pijat-pijatlah kulit kepala Anda. Lalu, balutlah kepala Anda dengan topi mandi berbahan plastik. Tunggulah kira-kira selama 30 menit.
  4. Berikutnya, langkah yang harus Anda lakukan yakni membilas olesan telur tadi dari kepala Anda. Bilaslah dengan air bersuhu dingin sampai benar-benar bersih. Air tersebut (yang bersuhu dingin) akan menyebabkan rambut Anda berkilau serta dapat membilas olesan telur dengan efek yang lebih baik daripada air hangat atau juga air panas. Mengapa demikian? Hal tersebut karena suhu panas malah akan menyebabkan olesan telur menjadi semakin merata. Selain itu, jika Anda menggunakan air dengan suhu panas, olesan telur di atas kepala Anda malah akan menjadi telur orak-arik (Anda akan melihat potongan telur orak arik).

Setelah itu, tatalah rambut Anda seperti biasanya. Keringkanlah rambut Anda terlebih dahulu, selama beberapa menit dengan menggunakan handuk. Hindarilah penggunaan hairdryer atau alat pengering non tradisional lainnya. Jika telah kering, sisirlah rambut secara perlahan dan simak hasilnya. Lakukan terapi atau perawatan rambut kering dengan telur secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.