perawatan rambut rontok dengan teh hijau

Perawatan Rambut Rontok Dengan Teh Hijau

Teh hijau memang dikenal sebagai sumber antioksidan alami yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Di bidang kecantikan teh hijau juga dipercaya berkhasiat untuk melangsingkan tubuh dan banyak digunakan untuk berbagai perawatan kulit. Namun, ada satu lagi manfaat luar biasa dari teh hijau yang penting untuk Anda tahu yaitu perawatan rambut rontok dengan teh hijau. Di sekitar kita memang begitu banyak bahan-bahan alami yang bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi rambut rontok, salah satunya dengan memanfaatkan teh hijau ini. Antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau ini ternyata memiliki peran yang cukup besar untuk mengatasi masalah kerontokan rambut yang dapat dialami oleh siapa saja. Bagaimana sebenarnya cara kerja teh hijau ini sehingga dapat bermanfaat untuk perawatan rambut rontok? Simak ulasannya berikut ini ;

Manfaat teh hijau untuk perawatan rambut rontok

perawatan rambut rontok dengan teh hijau

  • Anti DHT (Dihydrotestosterone)

Dihydrotestosterone (DHT) merupakan jenis testosterone alami yang terdapat pada pria maupun wanita. DHT itulah yang menjadi penyebab utama kerontokan rambut. Terutama untuk pria, karena folikel rambut pria lebih sensitive terhadap DHT sehingga kemungkinan terjadi kebotakan pada pria lebih besar dibanding dengan wanita. Cara yang paling tepat agar rambut rontok dapat berkurang secara alami adalah dengan melawan penyebab utamanya yaitu DHT. Teh hijau adalah bahan alami yang ampuh untuk melawan DHT. Itu dikarenakan teh hijau mampu membuat kadar hormon seks pengikat globulin (SBGH) meningkat, yang akan berinteraksi dengan testosterone sehingga pembentukan DHT ini dapat dicegah.

  • Melancarkan sirkulasi darah ke folikel rambut

Di dalam teh hijau terdapat kandungan polifenol jenis katekin yang memiliki fungsi antibiotik dan efek karsinogenik. Katekin ini akan membuat kontraksi pada pembuluh darah semakin baik dan secara otomatis aliran darah menuju sistem kardiovaskular dan pembuluh darah kecil lain, termasuk ke dalam folikel rambut menjadi lebih lancar.

  • Merangsang rambut untuk tumbuh

Teh hijau mengandung Epugallocatechin-3-gallate (EGCE) sebanyak 10% dan merupakan komponen antioksidan yang paling kuat. Epugallocatechin-3-gallate (EGCE) yang ada pada teh hijau ini ternyata memiliki peranan penting untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut. Karena itu perawatan rambut rontok dengan teh hijau ini sangat dianjurkan.

  • Melembabkan dan memperkuat akar rambut

Selain kandungan antioksidannya yang tinggi , di dalam teh hijau juga terdapat vitamin C, E, panthenol dan provitamin. Vitamin C berperan untuk melindungi rambut dari sinar matahari, sedangkan vitamin E-nya akan mengembalikan kelembaban alami rambut dan mencegahnya dari kerusakan. Panthenol serta provitamin akan menjadikan akar rambut lebih kuat dan tidak mudah patah.

  • Membantu menghilangkan ketombe dan psoriasis penyebab kerontokan

Ketombe dan penyakit kulit psoriasis yang menyebabkan rambut rontok dapat dihilangkan dengan teh hijau. Kandungan dalam teh hijau ini dapat mengurangi iritasi yang terjadi di kulit kepala sehingga kulit kepala selalu sehat dan rambut rontok pun berkurang.

 

Cara perawatan rambut rontok dengan teh hijau

Cara perawatan rambut rontok dengan teh hijau ini sangat mudah. Seduhlah teh hijau dengan air panas lebih kental dari seduhan teh yang biasa untuk diminum. Diamkan selama satu malam hingga dingin dan basi. Air seduhan teh hijau ini dapat digunakan setelah memakai sampo pada saat keramas. Cukup oleskan merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala, pijat dengan lembut secara perlahan. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga benar-benar bersih. Cara ini dapat dilakukan seminggu dua kali agar hasilnya optimal.