Perawatan Rambut Rusak Gejala dan Penyebabnya

By On Friday, November 21st, 2014 Categories : Rambut Rusak

Perawatan rambut rusak memang agak sulit karena membutuhkan perhatian khusus. Apalagi sebagianbesar orang tidak menyadari akan kondisi rambutnya yang rusak, hal ini akan memperparah kerusakan rambut yang terjadi jika tidak segera ditangani. Umumnya orang mencari solusi ketika tahap kerusakan rambut yang dialami sudah parah. Jadi akan lebih baik mengatasinya jika sudah ada tanda-tanda kerusakan rambut yang terjadi.

perawatan rambut rusak

Gejala rambut rusak

Gejala rambut rusak biasanya ditandai dengankondisi rambut yang kering, kerontokan parah, rambut bercabang dan pecah-pecah, sertakeadaan rambut yang sangat tipis. Sebelum lanjut ke pembahasan cara merawat rambut rusak, marilah kita ketahui penyebab kerusakan rambut terlebih dahulu.

Penyebab rambut rusak

  • Kurangnya nutrisi seperti vitamin dan protein yang dibutuhkan rambut
  • Penggunaan produk perawatan rambut berbahan kimia yang berlebih
  • Penggunaan alat pengeriting rambut dan pengering rambut dengan suhu yang panas
  • Konsumsi alkohol dan merokok
  • Pengaruh obat-obatan tertentu

Perawatan rambut rusak

Setelah Anda mengetahui gejala dan penyebab kerusakan rambut, langkah selanjutnya adalah memperbaiki kondisi rambut agar sehat seperti semula. Inilah cara mengatasi rambut rusak yang dapat Anda lakukan:

Gunakan minyak rambut

Meskipun banyak orang yang membenci rambut berminyak, namun nyatanya minyak sangat diperlukan untuk kesehatan rambut. Minyak rambut akan menjadikan rambut lebih berkilau dan kuat. Rambut yang sehat memiliki minyak alami yang dapat menjaga keindahannya. Namun jika rambut Anda mengalami kerusakan, gunakanlah minyak rambut dengan bahan alami. Anda dapat menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak rambut berbahan alami lain.

Beri vitamin E

Vitamin E sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut. Ada shampoo khusus perawatan rambut rusak yang mengandung vitamin E. Dapat juga tambahkan kapsul vitamin E pada shampoo. Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin E yang baik untuk menjaga kondisi kesehatan rambut. Makanan yang banyak mengandung vitamin E misalnya telur, kecambah, pepaya, kacang, dan masih banyak lagi.

Masker rambut

Masker rambut bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada rambut yang rusak. Anda juga dapat membuat masker rambut sendiri di rumah dengan bahan alami. Misalnya dengan menggunakan campuran buah alpukat dan telur untuk menutrisi rambut. Kedua bahan tersebut memiliki kandungan yang baik untuk rambut Anda.

Gunakan kondisioner

Anda dapat menggunakan kondisioner setelah keramas dengan shampo sekali dalam seminggu. Diamkan kurang lebih 15 menit sebelum dibilas. Kemudian bilas hingga bersih dan pastikan tidak ada sisa yang tertinggal di rambut dan kulit kepala. Ketika menggunakan kondisioner, pastikan tidak ada yang terkena kulit kepala karena akan menjadikanrambut lepek.

Perawatan dengan minyak kelapa

Jika rambut Anda rusak karena pengaruh bahan kimia, minyak kelapa alami bisa menjadi solusi. Gunakan 2 sampai 3 tetes minyak mineral dan usapkan pada rambut yang rusak. Minyak kelapa akan menutrisi rambut dan kulit kepala dan memperbaiki kerusakan.

Cukup mudah bukan perawatan rambut rusak seperti yang telah diuraikan di atas? Anda dapat mencobanya untuk memperbaiki kondisi rambut Anda agar kembali seperti semula.

Perawatan Rambut Rusak Gejala dan Penyebabnya | Ikhsan Rosadi | 4.5
Leave a Reply