Jenis rambut yang berminyak memang bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu. Biasanya kondisi ini akan menjadikan rambut jadi mudah lepek dan menyebabkan kulit kepala cepat gatal. Karena minyak yang berlebih pada rambut juga akan menyebabkan kotoran dan debu mudah menempel pada rambut dan membuat rambut tampak kusam, rontok dan berketombe. Penyebab rambut berminyak secara umum dipicu oleh produksi minyak tubuh atau sebum yang berlebihan pada kelenjar-kelenjar minyak yang ada di bawah kulit kepala. Pada dasarnya sebum bukan merupakan zat yang berbahaya karena sebum memiliki fungsi untuk melembabkan rambut dan kulit kepala sehingga tidak mudah kering. Tapi jika produksinya berlebih, maka akan menyebabkan masalah yaitu menjadikan rambut tampak berminyak. Selain karena sebum tersebut, masalah rambut berminyak juga bisa bermula dari penggunaan shampoo yang tidak cocok dengan jenis rambut atau kulit kepala Anda.

Perawatan tradisional rambut berminyak

perawatan tradisional rambut berminyak

Masalah rambut berminyak memang kadang cukup membingungkan. Dengan kondisi kulit kepala yang berminyak, tapi terkadang rambut normal atau bahkan kering. Jika kondisi seperti ini, menggunakan shampoo khusus perawatan rambut berminyak justru akan membuat helai rambut jadi kering. Untuk dapat mengatasi permasalahan rambut berminyak, Anda disarankan menggunakan bahan tradisional karena lebih minim efek samping. Selain itu penggunaan bahan tradisional yang alami akan menutrisi rambut sehingga menjadikan rambut semakin sehat. Apa saja bahan yang mampu dimanfaatkan untuk perawatan rambut berminyak secara tradisional? Simak ulasan berikut.

Putih telur

Bagian putih telur yang kaya nutrisi ini bisa menjadi senjata ampuh mengatasi rambut berminyak. Putih telur kaya akan protein. Caranya, untuk dapat menghilangkan minyak pada rambut yaitu dengan menyiapkan putih telur dan tambahkan beberapa tetes air perasan lemon. Aduk kedua bahan tersebut dan gunakan pada rambut yang telah dibasahi. Biarkan beberapa saat agar nutrisinya meresak ke dalam rambut. Kemudian bilas hingga bersih dengan shampoo dan bau amis telur hilang.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk perawatan rambut. Mulai dari menyehatkan rambut, mengatasi masalah ketombe, menutrisi rambut yang rontok dan menghilangkan minyak yang berlebih pada rambut. Cara penggunaan lidah buaya untuk merawat rambut berminyak juga cukup mudah. Kupas kulit lidah buaya dan ambil gel lidah buaya tadi. Gunakan gel lidah buaya pada rambut hingga rata hingga kulit kepala. Diamkan beberapa saat sebelum dibilas agar nutrisi yang terkandung dalam lidah buaya meresap ke dalam rambut serta kulit kepala. Bilas hingga bersih hingga tidak terasa lengket.

Santan kelapa

Santan kelapa mampu menjadikan masakan semakin lezat, namun ia juga mampu menutrisi rambut dan kulit kepala hingga menghilangkan minyak yang berlebih. Oleskan santan kelapa asli atau yang masih segar pada rambut dan kulit kepala menggunakan kapas. Biarkan sekitar 30 menit kemudian bilas sambil keramas. Cara ini bisa dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk menghialngkan minyak pada rambut.

Perawatan tradisional rambut berminyak seperti di atas menggunakan bahan yang cukup mudah di dapat. Selain gampang melakukannya, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya mahal.