Shampo untuk Rambut Kering

Shampo untuk Rambut Kering dan Cara Merawatnya

Saking banyaknya produk shampo yang ada di pasaran, kita justru malah bingung untuk memilihnya. Meskipun sebenarnya semua jenis shampo sudah disesuakan dengan kategori dan jenis rambut, kita juga masih bingung untuk memilihnya. Kurangnya pemahaman dengan kondisi rambut yang dimiliki menyebabkan banyak orang jadi mudah tergiur dengan iklan shampo. Jadi bukan memilih shampo yang disesuaikan dengan kondisi rambut, tapi malah rambut yang harus menyesuaikan dengan shampoo. Tentu hasilnya rambut masih berketombe, rontok, kasar dan kusam.

Cara memilih shampo rambut kering:

Shampo untuk Rambut Kering

Rambut kering bisa disebabkan karena banyak hal. Misalnya karena penggunaan produk kecantikan yang diaplikasikan ke rambut dengan kandungan bahan kimia berlebih. Menggunakan cat rambut terlalu sering dan berganti-ganti warna juga memicu rambut rusak dan kering. Mengeriting rambut juga bisa menjadikan struktur dari rambut lemah dan akan menyebabkan kerusakan. Begitu juga dengan penggunaan pengering rambut dengan suhu yang amat tinggi, ini akan membuat rambut rusak dan menjadikan rambut kering.

Untuk mengembalikan kondisi rambut ke kondisi normal, dibutuhkan perawatan khusus. Sangat disarankan untuk memilih menggunakan shampo dan kondisioner yang berfungsi melembabkan rambut. Anda juga bisa menggunakan shampo dry therapy yaitu shampo untuk rambut kering yang diformulasikan untuk mengembalikan kelembaban rambut.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara merawat rambut kering seperti berikut:

Pembersihan rambut

Gunakan shampo khusus untuk rambut kering dan rusak. Shampoo khusus yang mengandung bahan-bahan pelembab, vitamin E dan minyak alami. Bersihkan rambut setiap dua hari, jangan lupa berikan pijatan yang lembut pada kulit kepala ketika berkeramas. Hal ini bertujuan untuk memperlancar aliran darah pada area kepala. Bilas sampai bersih dan pastikan sisa shampo tidak tertinggal di kulit kepala. Membilas rambut yang tidak bersih ketika keramas dapat menjadikan timbunan bahan kimia pada kulit kepala. Tentu hal tersebut memicu ketombe dan kerusakan rambut seperti rambut kering.

Penggunaan kondisioner

Untuk merawat rambut kering, sangat dianjurkan untuk menggunakan kondisioner sehabis keramas. Menggunakan kondisioner akan memberikan kelembaban yang dibutuhkan rambut serta menjaga batang rambut agar tetap sehat. Oleskan kondisioner pada batang rambut, hindari mengoleskannya pada kulit kepala karena akan menjadikan rambut lepek.

Penggunaan produk perawatan rambut

Anda dapat menggunakan berbagai produk perawatan yang dikhususkan untuk rambut kering. Produk tersebut yaitu masker rambut, serum rambut, maupun vitamin rambut dalam bentuk minyak. Semua produk tersebut bermanfaat untuk memberikan nutrisi bagi rambut agar terhindar dari kerusakan. Masker rambut sebaiknya digunakan seminggu sekali, dan pilihlah masker rambut yang dikhususkan untuk rambut kering. Serum untuk rambut bisa Anda gunakan tiap sehabis keramas, sedangkan vitamin rambut bisa digunakan dua sampai tiga kali seminggu menjelang tidur.

Kesimpulan tentang cara merawat rambut kering

Sebenarnya cara merawat rambut kering sangatlah mudah. Dimulai dengan memilih shampoo untuk rambut kering, menggunakan kondisioner, pemakaian serum dan vitamin rambut. Namun harus dipastikan, Anda juga memperhatikan asupan gizi yang Anda konsumsi. Memilih makanan yang baik untuk rambut akan menjadikan rambut Anda lebih sehat.