perawatan rambut agar tidak berketombe

Tips Perawatan Rambut Agar Tidak Berketombe

Bagaimana cara melakukan perawatan rambut agar tidak berketombe? Ketombe adalah masalah kulit kepala yang ditandai dengan terkelupasnya kulit kepala dan menjadi serpihan kecil yang mengakibatkan rasa gatal luar biasa. Sebenarnya, ketombe merupakan masalah kulit yang umum diderita oleh hampir sebagian orang. Penyebab ketombe sampai saat ini tidak begitu bisa dipastikan secara detail. Meskipun demikian ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengobati dan mencegah ketombe datang lagi.

Langkah-Langkah Mencegah Ketombe

perawatan rambut agar tidak berketombe

  • Gunakan shampo yang dirancang khusus untuk mengobati ketombe. Jika ketombe tetap ada meski keramas dengan rutin menggunakan shampo biasa, berarti Anda perlu shampo yang lebih kuat. Cobalah shampo dengan Zinc. Zinc membantu melawan ketombe. Ada berbagai shampo anti ketombe yang mengandung Zinc tersedia di toko dan apotik. Pastikan untuk mengikuti instruksi di labelnya dengan seksama. Sebagian besar shampo jenis itu menyarankan untuk mendiamkan shampo di kulit kepala selama 5-10 menit dan digunakan dua kali setiap kali keramas.
  • Untuk ketombe yang parah gunakan shampo obat. Bahan aktif yang terkandung dalam shampo jenis ini berbeda dengan shampo anti ketombe biasa.
  • Cara agar rambut tidak berketombe adalah menjaganya agar tetap lembab. Gunakan minyak herbal atau gel herbal khusus secara teratur, setidaknya dua kali seminggu untuk memperbaiki kondisi rambut.
  • Gunakan tea tree oil. Minyak tea tree secara efektif dapat mengurangi ketombe. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur beberapa tetes minyak tersebut dengan shampo dan cuci seperti biasa.
  • Baking soda juga dapat digunakan sebagai perawatan rambut agar tidak berketombe. Baking soda membantu melawan jamur yang sering menyebabkan ketombe. Basahi rambut Anda dengan air, kemudian gosok satu sendok makan baking soda langsung ke kulit kepala Anda. Bilas dengan air biasa, tidak keramas.
  • Cuka apel sangat membantu untuk memperbaiki ketidakseimbangan PH pada kulit kepala Anda yang dapat menyebabkan ketombe. Campur cuka apel dengan air ke dalam botol semprot dan semprotkan langsung ke akar rambut Anda. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.
  • Tips agar rambut tidak berketombe berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa membantu untuk melembabkan kulit kepala yang terkelupas karena kering, sehingga mengurangi ketombe. Pijat makan minyak kelapa langsung ke kulit kepala dan biarkan selama satu jam sebelum membilasnya dengan shampo.
  • Peras jeruk nipis dan oleskan pada rambut yang berketombe. Biarkan selama sekitar 3 menit. Kemudian bilas. Ulangi setiap hari selama 2 sampai 3 hari; ketombe akan segera menghilang.
  • Makan dengan pola diet seimbang dan sehat. Pola makan yang sehat terbukti dapat membantu mencegah munculnya ketombe. Pastikan Anda makan makanan yang sehat dan mengandung banyak asam lemak Omega 3 serta Zinc. Konsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung vitamin B dan E. Gula dan ragi juga harus dikurangi karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Kemampuan tubuh dalam melawan jamur penyebab ketombe juga salah satunya dipengaruhi oleh apa yang Anda makan sehari-hari.

Selain itu, perawatan rambut agar tidak berketombe bisa dilakukan dengan menghindari stres. Stres membuat pertahanan tubuh bekerja keras sehingga tubuh tidak mampu melawan   penyakit yang menyerang sistim imun, dan juga tidak mampu melawan jamur dan penyebab ketombe lainnya. Jadi, mulailah untuk rileks sekarang agar Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengenakan pakaian warna hitam keesokan paginya.