Tips Perawatan Rambut Berketombe Secara Alami

perawatan rambut berketombe secara alami

Bagaimanakah cara perawatan rambut berketombe secara alami? Ketombe, juga dikenal sebagai dermatitis seboroik adalah gangguan kulit kepala yang umum. Hal ini dapat terjadi karena kulit kering, kulit berminyak yang teriritasi, pertumbuhan bakteri dan jamur pada kulit kepala, inflamasi dan faktor-faktor lainnya. Hal ini menyebabkan gatal bersama dengan pembentukan serpihan kulit kering pada kulit kepala secara berlebihan. Ketombe dapat dikontrol dengan melakukan rutinitas perawatan rambut sehat. Namun, perawatan rambut berketombe dan rontok secara alami dapat mengontrol pertumbuhan ketombe dengan lebih mudah. Memang benar bahwa perawatan alami membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasilnya tetapi perawatan alami bekerja secara efektif dan tuntas.

Solusi Bahan Alami Untuk Mengatasi Ketombe

perawatan rambut berketombe secara alami

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa membantu menghilangkan ketombe karena sifat anti-jamur tersebut. Minyak kelapa juga melembabkan kulit kepala kering dan menghilangkan gatal. Ambil sedikit minyak kelapa dan campur dengan jus lemon. Gosokkan pada kulit kepala Anda dan pijat selama beberapa menit. Cuci rambut Anda setelah didiamkan setidaknya 20 menit. Lakukan perawatan rambut kering secara alami dengan minyak kelapa ini secara teratur dua sampai tiga kali seminggu.

  • Cuka Apel

Perawatan kulit kepala dengan cuka apel sangat efektif dalam menyingkirkan ketombe. Cuka apel mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala, sehingga menghambat pertumbuhan jamur. Cuka apel juga membantu membersihkan rambut secara alami dan membantu membersihkan pori-pori dan folikel rambut yang tersumbat. Ambil dua sendok makan cuka sari apel, tambahkan air dan 15-20 tetes minyak tea tree. Oleskan ke kulit kepala Anda dan pijat. Bilas rambut Anda setelah beberapa menit. Lakukan perawatan alami ini dua kali atau tiga kali seminggu secara rutin.

  • Baking Soda

Baking soda dapat membantu mengurangi jamur yang terlalu aktif yang menyebabkan ketombe. Dengan penggunaan berulang, juga membantu memulihkan produksi minyak alami yang menjaga kulit kepala Anda dari kekeringan dan bersisik. Basahi rambut Anda dan gosokkan sedikit baking soda ke kulit kepala. Setelah beberapa menit, bilas rambut dengan air. Jangan keramas untuk sementara setelah perawatan ini. Anda juga dapat menambahkan sedikit baking soda pada shampo ketika mencuci rambut.

  • Cuka Putih

Cuka putih adalah salah satu bahan terbaik dalam perawatan rambut berketombe secara alami. Cuka memiliki asam asetat yang mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada kulit kepala. Campurkan satu bagian cuka dengan tiga bagian air. Gunakan campuran untuk mencuci rambut Anda dan kemudian bilas dengan air. Anda juga dapat mengoleskan cuka langsung ke rambut, lalu bungkus dengan handuk dan biarkan semalam. Di pagi hari, cuci rambut hingga bersih.

  • Yogurt Dan Merica

Ambil dua sendok lada hitam dan giling hingga halus. Tambahkan merica halus tadi ke dalam satu cangkir yoghurt. Campur hingga merata dan oleskan pada kulit kepala, jangan pada batang rambut. Biarkan selama satu jam dan kemudian bilas. Gunakan sampo formula ringan setelah itu.

  • Minyak Zaitun

Perawatan rambut berketombe secara alami juga dapat dilakukan dengan penggunaan rutin minyak zaitun extra virgin, yang merupakan pelembab alami yang efektif. Cukup panaskan minyak zaitun extra virgin sampai sedikit hangat. Pijat ke kulit kepala dan kemudian bungkus rambut dengan handuk selama setengah jam. Sikat rambut Anda secara menyeluruh untuk menghilangkan serpihan ketombe dan kulit mati dan kemudian mencuci rambut Anda.